|
||
Saturday, September 24, 2011
- the wedding preparation - baca judul postingan ini sebenernya agak geli, hehe.. karena belum juga lamaran tapi udah ngomongin pernikahan. tapi nggak ada salahnya kalo mulai dipikirkan mulai sekarang. toh akhirnya ide-ide ini bakal kepake juga :) rasanya semua cewek bakal lebih bersemangat ya, kalo bicarain tentang rencana resepsi pernikahan, dibandingkan akad. karena akad itu lebih classic, lebih pakem, acaranya ya gitu-gitu aja (meskipun itulah inti dari pernikahan hehehe). sedangkan di resepsi kita yang memang bisa lebih berkreasi dengan gedung, dekor, entertaiment dll. resepsi sendiri sebenernya bukan hal yang wajib diadakan lho. di blog yang saya comot ini, disebutkan bahwa asal mula dari resepsi/sejenisnya adalah ketentuan bahwa Islam melarang umatnya untuk mengadakan akad nikah secara diam-diam. di Islam ada yang namanya walimatul ursy. walimatul ’ursy adalah pengumuman atau resepsi atau pesta pernikahan yang diselenggarakan ketika akad nikah sudah selesai dilaksanakan. dan walimatul ‘ursy ini sangat dianjurkan. resepsi yang dimaksud disini bukan dalam arti pesta pora dan bermewah-mewahan, namun pesta yang dimaksudkan adalah pesta dimana menghidangkan makanan untuk tamu-tamu yang datang dengan hidangan yang sesuai dengan kemampuan. dan yang lebih diutamakan disana diundang juga orang-orang miskin, bahkan dalam satu riwayat disunahkan adanya anak yatim yang juga turut diundang. ![]() dulu, beberapa tahun yang lalu, aku nggak ngerti kenapa kalo yang nikah anaknya, tapi malah yang diundang hampir semua temen-temen dari orangtuanya. ini yang nikah anaknya apa orangtuanya? :)) tapi lama-lama mikir juga sih, namanya sebuah acara pernikahan itu, kan berita gembira. dari orangtua mempelai pasti juga pengen membagi kebahagiaan itu ke temen-temennya, kolega di tempat kerja, dll. dan lagian, yang membiayai pernikahan itu kan sebagian besar orangtua juga :) tapi jadilah cita-citaku dari dulu, kalo menikah, pengeeeennn banget ngundang temen-temen deket dari jaman sd, smp, sma, dan kuliah. biarpun acaranya sederhana banget, dan makan sepantasnya, nggak masalah. bukan yang harus bermewah-mewahan gitu. karena kapan lagi? ini adalah momen yang paling tepat buat silaturahmi... mengundang temen-temen terdekat yang pasti akan mendoakan yang terbaik buat pernikahan ini. karena inti dari pernikahan bukan di acara resepsinya, tapi bagaimana menjalaninya setelah resepsi berakhir :) balik ke wedding preparation yah. gimanapun juga idealisme kita, disaat ada tawaran untuk mengadakan resepsi di gedung, dengan budget sekian yang harus dimanage sendiri, pasti ada semangat tersendiri buat ngerencanain yang sebaik-baiknya :) intinya dengan biaya seminim mungkin, bisa memfasilitasi keinginan orangtua yang membiayai, dan tentunya keinginan kita sendiri. GEDUNG vs HOTEL tempat resepsi yang paling umum digunakan emang gedung. jadi coba kita bahas ya, plus minus dari gedung dan hotel :) GEDUNG secara umum, disini masih banyak menggunakan gedung sebagai tempat resepsi. oiya, gedung yang dibicarain disini maksudnya menyewa gedungnya aja ya, bukan paketan :) Yes: 1. lebih murah 2. space luas, lebih banyak undangan 3. secara sosial lebih "terjangkau" (undangan biasanya merasa lebih nyaman untuk datang ke gedung dibandingkan hotel) 4. harga makanan bisa lebih murah karena dari catering yang terpisah NO: 1. biar bagus, dekorasinya harus lebih diutamakan, kalo bisa seruangan full slayer :) jadi lebih banyak menghabiskan biaya di dekorasi 2. harus sewa AC yang kualitas bagus, karena kalo nggak bakal panasss banget! 3. nggak ada "markas" untuk tempat ganti baju, tempat naruh barang-barang. ini hal sepele tapi penting yang biasanya nggak kepikiran. HOTEL Yes: 1. tersedia dalam satu paket, jadi nggak usah repot-repot mikirin dekorasi maupun catering 2. AC pasti dingin 3. nggak usah diapa2in tempatnya udah keliatan mewah, jadi menambah nilai plus :) 4. biasanya free kamar hotel yang bisa dipakai buat persiapan maupun dipake setelah acara selesai NO: 1. mahal. biasanya hitungannya per kepala undangan. jadi kalo undangannya banyak, ya siap-siap aja membengkak :) 2. kadang-kadang undangan kita ini ngerasa sungkan buat datang ke hotel karena nggak biasa, hanya karena nggak tau masuknya lewat mana, dll. hotel masih terasa sangat eksklusif buat sebagian orang :) 3. makanan yang digunakan cuma boleh makanan dari hotel, kalo mau nambah makanan di gubuk, bakal kena charge. ![]() hmmm.. sementara itu dulu ya :) udah jam segini, mau mandi dulu :)
4:26 PM
|